Explore Wisata CJBI Bantu UMKM Geliatkan Pariwisata di Provinsi Banten

Lebak, beritaindonesianet.com – Collaborative Journalism Banten Indonesia (CJBI) menggelar acara Explore Wisata di Pantai Bagedur Desa Sukamanah Kecamatan Malimping, dan pantai Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Jum’at 25 Oktober 2024.

Kegiatan tersebut dalam upaya peningkatan Destinasi wisata di sektor UMKM dengan menggandeng Dinas Kemenkumham Provinsi Banten untuk perizinan Haki.

Pada kesempatan itu CJBI menghadirkan 4 pemateri diantaranya,
Arif Rachman Kabid Biro Adpim Provinsi Banten, Kabid pelayanan hukum Kemenkumham Provinsi Banten Agus Salim, Pj Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Agus Setiawan, Kepala Pokdarwis Provinsi Banten, Lili Suhaeli.

Dalam sambutannya, Ketua CJBI Martin Famati Ndruru menyampaikan, kegiatan Explore wisata adalah bentuk sinergitas Media terhadap Pemerintah dalam pembangunan Daerah Provinsi Banten.

“Kami ingin melakukan explore wisata khususnya dimulai dari Banten selatan ini. Tujuan dari explore wisata ini untuk membumikasikan informasi dari pemerintah terkait Pariwisata yang ada di Provinsi Banten ini,” ungkap Martin.

Kabid Biro Adpim Provinsi Banten Arif Rachman, menyampaikan apresiasi kepada CJBI yang telah melakukan kegiatan positif yang dapat membantu pelaksanaan pembangunan Pemprov Banten bidang Pariwisata.

“Kami akan sampaikan semua aspirasi yang muncul dari kegiatan explore wisata ini ke Pimpinan, terkait dengan Rumah sakit, Pemprov Banten sudah membangun rumah sakit, bukan hanya untuk masyarakat, tetapi juga untuk wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” terang Kabit Biro Adpim Provinsi Banten.

Kesempatan yang sama, Kabid Pelayanan hukum Kemenkumham Provinsi Banten Agus Salim, memaparkan tentang kekayaan intelektual seperti, Hal cipta, Merek, KIK, dan lain lain.
Hal itu disampaikan khusus untuk pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan explore wisata CJBI.

Ketua panitia kegiatan explore wisata, Nasri mengatakan, peserta pelaku UMKM yang diundang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Pantai Bagedur dan Pantai Sawarna.

“Peserta UMKM yang hadir mengikuti kegiatan explore wisata sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari Kecamatan Malingping dan Kecamatan Bayah,”

Terakhir, Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Provinsi Banten LiLi Suhaeli, memperlihatkan produk UMKM dari Kecamatan Bagedur berupa produk pisang saleh yang telah mempunyai berbagai izin sertifikasi.

“Merek pisang sale yang kami pasarkan adalah SALEQU, produk tersebut sebenarnya adalah makanan legenda di Provinsi Banten khususnya Kabupaten Lebak, kami berkolaborasi dengan para petani pisang untuk mengembangkan produk UMKM dengan sertifikasi,” tutup Lili

(Lukman)